LAYANAN BERBASIS DIGITAL: KEMENAG BANGKA TENGAH AKTIFKAN SISKOHAT MOBILE UNTUK PEREKAMAN BIOMETRIK VISA, WUJUD KOMITMEN PELAYANAN PRIMA

Perekeman biometrik visa melalui layanan Siskohat Mobile

Perekeman biometrik visa melalui layanan Siskohat Mobile

Koba- Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah kembali melanjutkan program inovatifnya, yakni Layanan Siskohat Mobile. Kegiatan kali ini dilanjutkan pada layanan perekaman biometrik visa secara langsung yang menyasar calon jemaah haji di kecamatan lubuk besar, Selasa, (23/09/25).

Kegiatan ini dilaksanakan melalui kendaraan layanan haji Siskohat Mobile yang dipusatkan di Kantor Desa Perlang dan disambut baik oleh 13 calon jemaah haji yang berdomisili di wilayah tersebut. Layanan siskohat mobile merupakan upaya nyata Kemenag Bangka Tengah untuk memberikan kemudahan akses, kenyamanan, serta meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat, khususnya calon jemaah haji.

Kepala Seksi (Kasi) PHU, Ahmad Syukri, S. Ag., beserta tim hadir langsung dalam kegiatan ini dan diterima baik oleh Sekretaris Desa. 

Dalam sambutannya, Syukri yang mewakili Kepala Kantor yang berhalangan hadir, menyampaikan bahwa layanan perekaman biometrik ini adalah sarana untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses administrasi calon jemaah.

"Dengan Siskohat Mobile, proses administrasi dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Perekaman biometrik ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit, asalkan jaringan dan perangkat yang digunakan memadai," jelas Syukri.

Ia menambahkan, program "jemput bola" ini diharapkan tidak hanya berhenti di sini, tetapi bisa menjadi program berkelanjutan. Syukri juga berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi lain untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami ingin memastikan setiap calon jemaah mendapatkan kemudahan. Dengan Siskohat Mobile, proses yang biasanya memakan waktu dan energi di kantor pusat kini dapat diselesaikan di tingkat desa," ujarnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dari perangkat Desa Perlang dan para calon jemaah haji. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya layanan yang mendekatkan proses administrasi ini, sehingga tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh ke kantor Kemenag. Layanan ini tidak hanya membuktikan komitmen Kemenag Bangka Tengah dalam mengedepankan kemudahan dan kenyamanan bagi para calon jemaah haji, tetapi juga membangun kepercayaan dan mengukuhkan perannya sebagai pelayan umat yang proaktif dan responsif. (umm)

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT