GELAR RAPAT INTERNAL PERCEPATAN RBZI MENUJU WBK, KEMENAG BANGKA TENGAH FOKUS PEMANTAPAN SOP PELAYANAN PRIMA

Kemenag Bateng kembali gelar rapat percepatan RBZI fokus pada SOP pelayanan prima

Kemenag Bateng kembali gelar rapat percepatan RBZI fokus pada SOP pelayanan prima

Koba- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi Zona Integritas (RBZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Hal tersebut ditegaskan melalui rapat percepatan RBZI yang dilaksanakan hari ini, Senin (3/11/2025).

Rapat dipimpin langsung oleh Kakan Kemenag Bangka Tengah, H. Jamaludin, S.Ag., M.H. yang diikuti oleh Kasubbag Tata Usaha, Mustaryadi, S.Ag.,M.Pd.I, jajaran kasi, beserta operator yang terlibat langsung dalam upaya tersebut sebagai garda terdepan dalam pelayanan publik.

Inti dari pembahasan rapat kali ini adalah pemantapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di seluruh lini pelayanan kantor. Pembahasan difokuskan secara mendalam pada SOP Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), manajemen Arsip, hingga SOP teknis lainnya yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Jamaludin menekankan bahwa SOP yang jelas, ringkas, dan mudah diakses adalah kunci untuk meminimalisir potensi kesalahan dan memastikan setiap layanan berjalan sesuai standar. Jamaludin sekali lagi menegaskan bahwa upaya percepatan RBZI menuju pelayanan prima ini sangat bergantung pada kecepatan dan ketepatan kinerja setiap individu. Ia menekankan perlunya seluruh jajaran untuk memiliki mentalitas pelayanan yang unggul.

"Penyelarasan SOP ini adalah langkah krusial. Kita ingin setiap pemohon layanan merasakan kecepatan, ketepatan, dan transparansi yang sama, tidak peduli siapa pun petugas yang melayani mereka," ujarnya.

"Setiap individu harus mampu untuk bersikap adaptif, profesional, dan tanggap. Adaptif, cepat, tepat. Sinergi antara ketiganya akan menghasilkan pelayanan prima yang berintegritas. Nah, RBZI ini jugalah yang menjadi wujud nyata komitmen kita untuk melayani umat dengan hati dan profesionalisme," tegas Jamaludin dalam arahannya.

Dengan berjalannya rapat ini, diharapkan dapat semakin memantapkan langkah Kemenag Bangka Tengah dalam mencapai target RBZI dan menjadikan pelayanan prima sebagai budaya kerja sehari-hari. Selain itu, rapat ini juga berfungsi sebagai forum untuk meninjau secara cermat sejauh mana capaian target kinerja percepatan RBZI telah terpenuhi di lingkungan Kemenag Bangka Tengah. (umm)

LINK TERKAIT